Senin, 23 Maret 2020

Yesica Sitorus, 20 Maret 2020



Daftar Isi



BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Penulisan karya ilmiah yang mentradisi umumnya memuat bagian pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, dan daftar pustaka. Judul setiap bagian dapat berbeda-beda. Namun seiring berkembangnya jaman cara penulisan karya ilmiah terdapat banyak perubahan.
Artikel merupakan karya tulis lengkap, misalnya laporan berita, urat kabar, dan sebagainya (KBBI, 2002:66), atau bisa juga sebuah karangan atau prosa yang di muat dalam media massa, yang membahas isu tertentu, persoalan, atau kasus yang berkembang dalam masyarakat (Tartono, 2005:84). Jadi bisa disimpulkan, artikel adalah karya tulis lengkap atau prosa yang membahas isu tertentu, persoalan, atau kasus yang berkembanag dalam masyarakat.
Makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengn disetasi analisis yang logis dan objektif (Tanjung dan Ardial, 2010:7). Jadi dalam pembahasan penulis akan membahas tentang makalah artikel ilmiah tentang sistematika penulisan berupa pengertian judul, penulis, abstrak, pendahuluan, metode, hasil, diskusi, kesimpulan, ucapan terimakasih, dan reference atau daftar pustaka.

B.   Rumusan Masalah

1.    Bagaimana sistematika penulisan literatur dalam artikel ilmiah?

C.   Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memaparkan bagaimana cara penulisan atau sistematika literatur dalam artikel ilmiah yang mencakup penjelasan-penjelasan bagian dari artikel ilmiah.

BAB II
PEMBAHASAN

A.   Judul

Judul ialah suatu yang digunakan untuk memandai karangan atau yang sering disbeut sebagai kepala karangan. Judul adalah hal yang perlu diketahui penulis bahwa sebaiknya berhubungan dengan tema yang akan dibuat, Judul tidak harus dibuat sebelum menulis, tetapi bisa ditentukan setelah karangan selesai. Judul dicetak dengan huruf besar/kapital, dicetak tebal (bold) dengan jenis huruf Times New Roman font 12, spasi tunggal dengan jumlah kata maksimum 15.
 Ada dua judul yaitu, judul langsung yang  merupakan judul yang berkaitan dengan bagian utama karangan, sehingga hubungannya dengan bagian utama nampak jelas. Judul tidak langsung yang tidak ada hubungannya dengan bagian utama karangan, namun  tetap menjiwai seluruh isi karangan atau berita.
Selain itu judul juga harus bersifat asli tidak boleh menggunakan judul yang sudah ada atau yang sudah pernah dibuat. Bila terpaksa bisa mencari sinonim yang lain. Judul harus berisfat relevan artinya sesudah menulis diharapkan penulis membaca ulang kerangkanya kenudia baru mencari judul yang relevan dan sesuai karangan.
Judul berisfat provokatif yang harus menarik, tidak boleh terlalu sederhana, agar calon pembaca tidak mudah menduga isi karangan. Lalu bersifat singkat, jangan terlalu panjang atau bertele-tele, sebaiknya singkat dan langsung menuju pada inti karangka yang ingin dipaparkan.

B.   Penulis

Penulis adalah orang yang bertanggung jawab pada isi artikel, biasanya penulis lebih dari satu orang. Setiap hasil penelitian yang akan dipublikasikan harus disetujui oleh semua orang yang terlibat dalam pelaksanaanya dan urutan nama penulis dibicarakan dalam tim. Nama penulis di tulis dibawah judul tanpa gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital, tanpa diawali dengan kata “oleh”, urutan penulis pertama diikuti penulis kedua, ketiga dan seterusnya.

C.   Abstrak

Menurut Maizel (Smith: Singer, 1984), abstrak adalah ringkasan yang disajikan secara singkat dan jelas bagian mana yang  memuat tujuan, cakupan atau jangkauan dan temuan dari satu artikel. Jadi abstrak adalah ringkasan materi yang dibahas pengarangan mengenai point yang akan dibahas.
Abstrak ditulis dalam bahasa indonesia atau inggris yang berisi latar belakang penelitian, cara penelitian atau pemecahan masalah, dan hasil yang diperoleh. Kata abstract dicetak tebal atau bold. Jumlah kata dalam abstract tidak lebih dari 250 kata dan diketik dengan satu spasi. Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman font 11, disajikan dengan rata kiri dan rata kanan, dalam satu paragraf ditulis tanpa menjorok pada awal kalimat.
Abstract dilengkapi dengan Keywords yang terdiri dari tiga sampai lima kata yang menjadi inti dari uraian abstraksi. Kata Keywords dicetak tebal atau bold.

D.   Pendahuluan

Pendahuluan adalah bab pertama yang membahas tentang materi yang akan dibahas di point berikutnya. Berisi tentang latar belakang penelitian, permasalahan penelitian atau tujuan penelitian, dan rangkuman kajian teori yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Terdapat latar belakang masalah dimana harus diuraikan informasi sehubungan dengan adanya penelitian. Indormasi tersebut dicari untuk mengetahui masalah yang pasti dan dipaparkan dalam latar belakang.

E.   Metode

Bagian ini memuat rancangan atau desai penelitian yang dilakukan, Pada bagian ini paling tidak memuat tentang jenis penelitian, subjek atau objek penelitian,  teknik atau instrumen pengumpulan data dan analisis data.

F.    Hasil

Memuat hasil data dan pengujian intrumen dan hipotesis. Bagian penelitian menguraikan memuat hasil akhir dari data hiotesis dan pengunaan teknik statistik tidak termasuk kedalam hasil, biasanya penyajian berupa hasil penelitian yang dibantu tabel dan grafik.

G.   Diskusi

Bagian ini membahas tentang temuan-temuan dan interpretasi temuan-temuan dan akan dibahas secara detail mengapa temuan itu bisa terjadi dengan mengikuti hasil yang telah diterima. Penulis akan membahas pertanyaan yang telah diajukan dalam tujuan penelitian dan menguji setiap jawaban ke dalam hipotesis.

H.   Kesimpulan

Menyajikan simpulan hasil penelitian dan jika diperlukan apat ditambahkan impilkasi, keterbatasan dan saran. Kesimpulan adalah suatu proposisi atau kalimat yang disampaikan yang diambil dari beberapa ide pemikiran dengan aturan inferensi.

I.      Ucapan terima kasih

Adalah ucapan rasa syukur atau membalas budi setelah menerima kebaikan dan sebagainya kepada para pembantu penulis yang mau meluangkan waktunya.

J.    Reference (daftar pustaka)

Berisi daftar suatu referensi rujukan yang diambil untuk makalah. Referensi rujukan ini dapat berupa buku-buku, jurnal, skripsi, data dari internet dan lain sebagainya. Terdapat kaidah atau aturan penulisan suatu daftar pustaka yang harus dipenuhi.
Daftar pustaka adalah daftra atau senarai yang ada dalam karya ilmiah, misalnya, maklah atau skripsi yang berisikan identitas buku dan pengarangan yang disusun secara alfabetis.
Daftar pustaka merupakan sumber informasi yang umumnya berasal dari sumber tertulis berupa buku, makalah, dan sejenisnya. Daftar pustaka juga dikenal sebagai referensi, bibliografi, sumber acuan, atau sumber rujukan.

BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan

Artikel merupakan karya tulis lengkap, misalnya laporan berita, surat kabar, dan sebagainya (KBBI 2002:66), atau bisa juga sebuah karangan atau prosa yang di muat dalam media masa yang membahasa isu tertentu, persoalan, atau kasus yang berkembang didalam masyarakat.
Artikel ilmiah berisi tentang suatu masalah yang penyampaiannya disertakan bukti dan argumentasi yang mendukung, kemudia diakhiri dengan ringkasan dan kesimpulaln. Artikel disajikan dengan bahasa yang sederhana sehingga dapat dimengerti oleh semua lapisan masyarakat.
Dengan artikel ilmiah dipaparkan secara rinci, logis, sistematis, padat dan komperhensif, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan aturan main yang berlaku di dunia akademik. Sehingga pembahasan dan analisisnya dapat dipahami dengan jelas dan tepat.

B.   Saran

Diharapkan melalui makalah ini dapat disajikan suatu referensi bagi pembaca terutama mahasiswa sendiri. Agar lebih memahami apa itu sebenarnya artikel ilmiah.

DAFTAR PUSTAKA

IPB. 2012. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah [ebook]. Bogor: IPB Press.
Team E-Penulis.2007.Menulis Artikel Ilmiah             Populer.http://pelitaku.sabda.org/menulis_artikel _ilmiah_populer, Diakse 19 Maret 2020
Yuli Ernawati/2010. Pengertian    Artikel.http://yulierna.wordpress.com/2010/04/01/pengertian-artikel-            ilmiah-populer/, Diakses Diakes 19 Maret 2020
Sumber PPT Bapak Johan Budhiana, M. Stat (Mata ajar Literatur                 kep semester 2)
Sumber PPT Bapak Pahrudin, M.Pd (Mata ajar Bahasa Indonesia   semester 1)


0 komentar:

Posting Komentar

Thank U

Hi, thanks sudah menyempatkan waktu untu membaca beberapa blog saya hope u like it, jangan lupa untuk share agar semua orang bisa mengetahui informasi yang ada

quotes

Semakin aku banyak membaca, semakin aku banyak berpikir; semakin aku banyak belajar, semakin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apapun. - Voltaire

Popular Posts

Blog Archive